Jenis Pengobatan Ini Atasi Cedera Sendi Lutut

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa sebenarnya dengan Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah? Informatif laporan ini dapat memberikan Anda wawasan tentang semua yang anda pernah ingin tahu tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah.
Lifestyle » Fit and Beauty » Jenis Pengobatan Ini Atasi Cedera Sendi Lutut
Minggu, 10 April 2011 - 09:10 wib

Chaerunnisa - Okezone

SALAH satu faktor risiko terbesar sakit lutut adalah kelebihan berat badan. Sewaktu berat badan bertambah, maka bertambah pula tekanan pada sendi lutut. Bahkan aktivitas biasa seperti berjalan atau naik turun tangga bisa menyebabkan banyak beban pada sendi.

Hal ini juga meningkatkan risiko osteoarthritis dengan mempercepat rusaknya tulang rawan. Cidera pada lutut juga bisa terjadi karena digunakan terlalu sering, olahraga atau aktivitas fisik, tidak pemanasan dan perenggangan tubuh sebelum olahraga, masalah dengan posisi dan trauma -karena kecelakaan, jatuh atau pukulan langsung sampai lutut-.

Jika Anda mengalami penyakit baru pada lutut yang tidak parah atau melumpuhkan, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencoba mengobatinya sendiri terlebih dulu. Berikut pemaparan Dr Thanainit Chotanaphuti, Chief of Musculoskeletal Centre, Phyathai Hospital, Thailand.

Cedera ligamen awalnya bisa diobati dengan sekantung es, penghentian pergerakan, dengan cara beristirahat, dan peninggian.

Jika kondisi tidak bertambah baik dalam tiga sampai tujuh hari, sebaiknya kunjungi dokter atau spesialis di ilmu kedokteran olahraga atau orthopedi. Selain memberikan terapi fisio dan memberikan obat yang tidak mengandung steroid dan tidak menyebabkan peradangan, pasien kadang diberikan penjepit atau papan penyangga untuk melumpuhkan sendi untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat kesembuhan.

Tetapi, secara tradisional, fisioterapi dan pharmacologic terapi kerap tidak efektif atau meninggalkan sisa-sisa gejala. Karenanya, penyuntikan suplemen pada lutut (Viscosupplementation), pembedahan Arthroskopi (Arthroscopic surgery) atau pencangkokan tulang rawan sebagai jaringan penghubung pada lutut (Articular Cartilage Transplant) dapat dilakukan untuk memperbaiki cedera parah.

Viscosupplementasi

Viscosupplementasi adalah pilihan baru yang ada bagi pasien dengan gejala lutut osteoarthritis, yang melibatkan rentetan injeksi intra-artionlar asam hyaluronic. Sementara, pasien yang tidak menyukai pengobatan tradisional sebaiknya mencoba perawatan ini. Suplemen Hyalgan disuntikkan secara langsung ke dalam sendi lutut untuk memperbaiki gizi dan pelumasan.

Pada kebanyakan kasus, pasien menemukan kenyamanan dalam berjalan setelah injeksi. Tetapi, penting untuk memperhatikan bahwa Viscosupplementasi ini biasanya dilakukan jika semua jenis pengobatan lain telah dilakukan namun gagal untuk mengurangi rasa sakit.

Pembedahan Arthroskopi

Pembedahan Arthroskopi merupakan prosedur orthopedik yang praktis dan cukup dikenal untuk mendiagnosa dan mengobati masalah sendi lutut. Pembedahan Arthroskopi dilakukan dengan memasukkan kamera ke sumber cahaya serat optik ke dalam sendi lewat torehan kecil.

Ahli bedah memanfaatkan aliran air bertekanan rendah untuk membersihkan lutut dan menyingkirkan bahan yang mengandung racun, melonggarkan badan atau memperbaiki jaringan atau membuang jaringan yang tumbuh secara berlebihan menggunakan laser. Pasien hanya diharuskan tinggal semalam setelah pembedahan dan sudah bisa kembali ke rumah tanpa bantuan.

Semakin banyak informasi otentik tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah Anda tahu, semakin banyak orang mungkin adalah untuk mempertimbangkan Anda ahli Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Baca terus untuk fakta Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah bahkan lebih yang Anda dapat berbagi.

Pencangkokan Tulang Rawan

Tulang rawan adalah bahan yang paling mengagumkan, kuat, elastis, dan awet yang melindungi ujung tulang di sendi dari tekanan. Kondisi idealnya, bisa bertahan seumur hidup. Tetapi, jika tulang rawan menjadi rusak, malah aktivitas yang paling biasa bisa menyebabkan erosi tulang rawan dari permukaan sendi dan jika tak diobati, kemungkinan akan sangat menyakitkan, kehilangan fungsi, lumpuh, dan dapat mengarah ke osteoarthritis lutut.

Selama beberapa tahun terakhir, pencangkokan tulang rawan lutut sudah menjadi metode yang berhasil karena dapat memperbaiki sendi lutut yang cedera terus-menerus akibat olahraga atau kecelakaan. Prosedur pencangkokan ini dirancang untuk menumbuhkan kembali tulang rawan pada sendi lutut yang rusak akibat trauma atau radang sendi.

Tekniknya melibatkan memanam tulang rawan si pasien dan memindahkan jaringan tersebut ke area yang rusak, melalui satu prosedur operasi.

Olahraga ringan yang teratur, metode perenggangan dan kontrol berat badan yang baik dapat membantu mengurangi risiko cedera lutut. Lutut akan tetap dalam kondisi baik selama Anda menjaganya dengan baik. Tidak mengabaikan sakit lutut begitu saja karena mungkin bisa menyebabkan masalah serius yang lainnya. Konsultasi pada dokter jika rasa sakit yang Anda alami lebih dari tujuh hari.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.flyfreeforhealth.com atau email ke info@flyfreeforhealth.com.

(nsa)
Saya berharap bahwa membaca informasi di atas adalah menyenangkan dan pendidikan untuk Anda. Anda proses pembelajaran harus berlangsung - semakin Anda memahami tentang subjek apapun, semakin Anda akan dapat berbagi dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar