Minuman Ringan, 5 Persen Buah, Sisanya

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda tahu hanya cukup tentang
akan berbahaya? Mari kita lihat apakah kita dapat mengisi sebagian dari celah dengan info terbaru dari para ahli
.
Lifestyle » Fit and Beauty » Minuman Ringan, 5 Persen Buah, Sisanya?
Selasa, 30 Agustus 2011 - 15:12 wib

Fitri Yulianti - Okezone

MINUMAN buah yang sering dikonsumsi anak-anak hanya mengandung 5 persen jus buah. Bahkan, beberapa di antaranya sarat dengan tambahan gula.

Sebuah kampanye kesehatan di Inggris menyatakan, pemasaran minuman buah kerap mensasar orangtua dengan janji memenuhi kebutuhan gizi anak. Sudah sepatutnya konsumen cerdas menyelidiki benarkah ada kandungan buah di dalamnya.

Beberapa produsen minuman buah, misalnya Fruit Shoot Hydro tidak mengandung buah sama sekali sedangkan Still Vimto dan Ribena hanya mengandung 5 persen buah, lebih sedikit ketimbang gula tambahannya. Ada pula Capri-Sun yang menurut laporan memiliki gula tambahan dengan kadar cukup signifikan.

Para aktivis mengatakan, minuman buah sebenarnya menyediakan anak-anak sekadar air yang berfungsi menghilangkan dahaga, alih-alih jus buah yang menyehatkan. Namun, belum ada bukti untuk mendukung laporan ini, menurut Childrens Food Campaign yang juga menentang pemasaran junk food.

Laporan berjudul œSoft drinks, Hard Sell ini sendiri muncul setelah industri minuman ringan melaporkan pertumbuhan tertinggi dalam tujuh tahun terakhir yakni pada 2010, dengan konsumsi mencapai 14,6 juta liter per tahun.

Salah satu peneliti dan penulis laporan, Clare Panjwani mengatakan bahwa beberapa sampel diambil secara acak sesuai jangkauan pemasarannya.

"Survei kami menemukan bahwa pemasaran mereka benar-benar menyesatkan hanya demi mendorong penjualan dan peningkatan konsumsi minuman ringan pada anak-anak. Inilah yang memberi kontribusi pada kerusakan gigi dan obesitas mereka, katanya, seperti dikutip Dailymail, Selasa (30/8/2011).

Ia menandaskan, perlunya regulasi yang lebih baik untuk melindungi anak-anak dari pemasaran minuman ringan dan junk food, serta perubahan pelabelan makanan agar orangtua dan anak-anak bisa mengetahui kandungan dalam produk pangan yang mereka beli.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Dan topik
tidak terkecuali. Jauhkan membaca untuk mendapatkan berita lebih segar tentang
.

Sementara juru bicara Soft drinks British Association mengatakan, "Laporan ini tidak adil dan keliru yang didasarkan pada pemahaman parsial dan fakta yang tidak lengkap.

Menurutnya, sangat penting kecukupan cairan pada anak, terutama dalam cuaca panas atau setelah berolahraga. Anak-anak, tambahnya, lebih mungkin untuk cukup minum jika mereka menyukai rasa minuman yang ditawarkan.

œSetiap label minuman tertulis daftar bahan, termasuk kandungan jus dan informasi gizi. Minuman ringan, seperti halnya makanan dan minuman, harus dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang, tambahnya.

(ftr)
Sekarang Anda bisa menjadi ahli percaya diri pada
. OK, mungkin bukan pakar. Tapi Anda harus memiliki sesuatu untuk membawa ke meja waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi tentang
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar