Tujuh Resep Pernikahan Romantis

The best course of action to take sometimes isn't clear until you've listed and considered your alternatives. The following paragraphs should help clue you in to what the experts think is significant.

SETELAH beberapa tahun menikah,salah satu tantangan pasangan suami istri adalah bagaimana menjaga agarhubungan tetap sehangat dan semesra masa-masa awal pernikahan. Dengansejumlah kebiasaan sederhana, Anda dan suami bisa menjaga keintiman agartetap romantis seperti saat berbulan madu.

1. Makan malam romantis
Atur waktu untuk makan malam romantis berdua saja bersama suami direstoran favorit Anda setiap minggu. Kebiasaan ini, menurut psikologsosial Arthur Aron, Ph.D., dari Stony Brook University, merupakan carauntuk menjaga gairah Anda dan pasangan.

Menurut penelitiannya, sesuatu yang baru bisa menjadi bumbukehidupan dan kunci pernikahan yang baik. Anda tidak harus mengorbankanaktivitas kesukaan Anda. Tetapi, ada baiknya mencoba sejumlah aktivitasbaru seperti hiking, mengikuti kelas memasak, atau bersenang-senang ditaman hiburan.

Pilih saja satu hal yang belum pernah Anda lakukan bersama pasangan.Pengalaman tersebut akan memenuhi otak dengan dopamin--zat kimia yangmendongkrak suasana hati.

2.Tertawa bersama
Momen-momen kenangan yang Anda alami bersama suami berpengaruh baikterhadap ikatan hati. Dalam sebuah studi yang dilakukan AppalachianState University, peneliti menanyakan kepada 25 pasangan untukmengingat-ingat masa-masa menyenangkan yang pernah mereka alami, baiksaat sendiri atau pun ketika bersama pasangan.

''Ketika orang-orang menertawakan hal yang sama, mereka memvalidasipendapat masing-masing. Lelucon pribadi atau nama hewanpeliharaan--hal-hal yang tidak dipahami oleh orang lain--memperkuatikatan antara pasangan,'' kata Doris Bazzini, Ph.D. Ikatan yang terjalinpada momen-momen tersebut membangun cadangan kenangan menyenangkan,yang dapat berfungsi sebagai penyangga ketika menghadapi masa-masasulit.

3. Menceritakan pengalaman
Meski pun terdengar klise, menanyakan bagaimana pengalaman suamiselama seharian menjelang tidur di malam hari benar-benar dapatmeningkatkan kualitas hubungan Anda.

Psikolog Angela Hicks, Ph.D. dari Westminster University menemukan,pasangan yang saling menceritakan kejadian positif yang baru sajaterjadi, merasa lebih bahagia keesokan harinya. Hal itu pun akanmeningkatkan keintiman dan hubungan dengan pasangan.

4.Jangan takut bertengkar
Jika Anda dan pasangan mulai sering bertengkar daripada biasanya,jangan buru-buru panik dan mendatangi penasihat perkawinan. Menurutsebuah studi dari University of Michigan, merasa jengkel dengan satusama lain merupakan tanda bahwa Anda berdua terikat secara sehat.

Knowledge can give you a real advantage. To make sure you're fully informed about news, keep reading.

''Ini berarti Anda sudah merasa nyaman untuk mengekspresikan diridari waktu ke waktu. Hubungan yang dekat dan positif juga bisa sangatmenjengkelkan,'' ujar rekan penulis studi, Kira Birditt, Ph.D.

5. Bertengkar dengan baik
Menyelesaikan perselisihan tanpa mengorbankan pernikahan Andamembutuhkan kebijaksanaan dalam pemilihan kata-kata saat beradu argumen.Beberapa peneliti baru-baru ini menemukan, pasangan yang menggunakankata ganti jamak seperti ''kita'' ketika berargumen, lebih mungkinmengekspresikan perasaan positif dan lebih sedikit merasakan stressetelahnya.

Sebaliknya, mereka yang menggunakan kata 'saya' cenderung lebihmemiliki perasaan negatif dan merasakan ketidakpuasan dalam perkawinan.Menurut pemimpin penelitian, Benjamin Seider, penggunaan kata 'kita'selama perselisihan membantu pasangan menyesuaikan diri di tim yangsama.

6. Berolahraga bersama
Berolahraga dengan suami membawa dua manfaat sekaligus. Anda menjadilebih fit, sehingga turut meningkatkan kualitas kehidupan seks. Sebuahstudi menemukan, sebanyak 94 persen pasangan bertahan menjalani programfitness ketika mereka melakukannya bersama-sama. Anda bisa memotivasisatu sama lain, dan mencoba berbagai aktivitas olah tubuh lainnyaseperti bersepeda, hiking, dan lain-lain.

Penelitian lain menunjukkan, perempuan lebih menikmati seks ketikadirinya aktif secara fisik. Berolahraga mengusir stres, membangkitkanenergi, dan meningkatkan kepercayaan diri sehingga baik untuk doronganseks.

7. Seks berkualitas
Kehidupan seks yang berkualitas merupakan kunci terakhir yang Andabutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan pernikahan. Seiringberjalannya waktu, dorongan gairah dan hasrat untuk bercinta mungkinsemakin menurun.

Sejumlah pakar setuju, memfokuskan kembali perhatian pada urusan diatas tempat tidur merupakan cara untuk kembali ke jalur awal. Semakinsering melakukannya, semakin meningkat hasrat Anda.  (MI/ICH)


When word gets around about your command of news facts, others who need to know about news will start to actively seek you out.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar