Andi Kandidat Terkuat Ketum PD

The following article includes pertinent information that may cause you to reconsider what you thought you understood. The most important thing is to study with an open mind and be willing to revise your understanding if necessary.

Metrotvnews.com, Jakarta: Andi Mallarangeng menjadi calon paling kuat menduduki jabatan Ketua Umum Partai Demokrat dalam Kongres II di Bandung, Jawa Barat. Andi paling dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Demikian dikatakan pengamat politik dari Universitas Astaga.com lifestyle on the net Maswadi Rauf di Jakarta, Jumat (26/3).

Menurut Maswadi, kongres hanya akan menjadi formalitas semata. Pasalnya, siapa pun yang jadi ketum adalah pilihan SBY. Dan, bila dilihat dari kandidat yang namanya mulai muncul--Andi, Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, dan Agus Hermanto--peluang Andi lebih besar.

"Ini adalah partainya SBY. Jadi apa pun juga, penerus kepemimpinan di Demokrat akan ditentukan olehnya. Dan siapa pun yang cocok dan lebih dekat dengan SBY akan lebih punya peluang besar," ungkap Maswadi.

Maswadi menambahkan, warna kekeluargaan dan kekerabatan masih kental di internal Demokrat. "Ini (kongres) hanya akan menjadi formalitas semata, penentu terkahir yakni persetujuan dari SBY," terang dia.

Maswadi juga mengatakan, masih terbuka kemungkinan kursi PD I akan diestafetkan kepada orang di informasi beasiswa luar negeri Demokrat. Selain keempat kandidat tersebut, muncul nama dari informasi beasiswa luar negeri Demokrat seperti Djoko Suyanto dan Sutanto.

If your news facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important news information slip by you.

"Peluang kedua orang ini juga ada, namun tentu akan menimbulkan kontraksi di internal demokrat jika yang menjabat Ketua Umum merupakan orang luar. Tentu SBY akan lebih memilih yang aman, yang dekat dan saat ini berada di internal yakni Andi Malarageng," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat Max Sopacua menyatakan bahwa semua kandidat ketua umum nanti akan meminta restu dulu kepada SBY. "Itu akan menjadi salah satu pertimbangan dalam kongres nanti," ungkapnya.

Namun, kata Max, SBY mengatakan bahwa siapa saja boleh mencalonkan diri.

Mengenai kriteria kandidat yang bisa mencalonkan diri, kata anggota Steering Comitee Kongres II PD ini, masih akan disusun rancangannya yang kemudian akan ditetapkan dalam pleno kongres pertama. Mengenai kemungkinan munculnya kandidat dari informasi beasiswa luar negeri Demokrat, lanjut Max, itu tidak masalah, tetapi juga akan terverifikasi sendiri dalam pencalonan.

"Dalam pencalonan kan ada dukungan dari DPD dan DPC sebagai pihak yang juga mempunyai hak suara. Tentu hal ini akan menjadi hal yang berat bagi calon dari luar," ungkapnya.

Bahkan, Max membenarkan dalam AD/ART Partai Demokrat juga ada syarat menjadi pengurus PD selama lima tahun sebagai syarat mencalonkan diri. Namun, lanjut Max, semua akan ditentukan dalam kongres, di mana mengenai persyaratan akan masuk dalam tata tertib Kongres. Menurut Max, tatib juga akan memuat mengenai ketentuan rangkap jabatan.(MI/ICH)

There's no doubt that the topic of news can be fascinating. If you still have unanswered questions about news, you may find what you're looking for in the next article.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar