Mendagri: 122 Daerah Telah Laksanakan Pilkada 2010

In today's world, it seems that almost any topic is open for debate. While I was gathering facts for this article, I was quite surprised to find some of the issues I thought were settled are actually still being openly discussed.

Metrotvnews.com, Padang: Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyebutkan sudah 122 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pemilukada) sampai pertengahan 2010, termasuk dengan 14 pemilukada serentak di Sumatra Barat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan hal ini setelah menggunakan hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) VI Jati Baru, Padang Timur, pada pemilihan calon gubernur-wakil gubernur Sumbar periode 2010-2015, Rabu (30/6).

Gamawan Fauzi berkunjung ke Sumbar untuk melihat langsung penyelenggaraan pilkada serentak Sumbar, 13 kabupaten/kota dan pemilihan gubernur-wakil gubernur, sekaligus menggunakan hak pilih bersama anggota keluarganya.

Mantan gubernur Sumbar itu menjelaskan, pilkada di Indonesia pada 2010 seluruhnya berjumlah 244, jadi 50 persen daerah sudah menyelenggarakannya. Sebanyak 40 Surat Keputusan (SK) bupati/wali kota hasil pemilukada yang ditandatangani.

Those of you not familiar with the latest on news now have at least a basic understanding. But there's more to come.

Ia menambahkan, dari 122 pilkada yang telah diselenggarakan, 10 di antaranya hasilnya digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menyinggung faktor pemicu terjadi konflik pemilukada pada sejumlah daerah pada 2010, menurut Mendagri, pertama karena faktor ketidaksiapan pihak-pihak yang bersaing untuk menerima kemenangan dan kekalahan. Ketidaksiapan itu, baik pada pasangan calon maupun tim pendukung sehingga memunculkan berbagai protes-protes, katanya.

Faktor lain pemicu komflik pemilukada, kata Mendagri, memang ada orang-orang yang ingin sengaja mencederai praktik penyelenggaraan pilkada sehingga memicu konflik. Karena itulah Kemdagri menurunkan tim untuk memantau langsung penyelenggaraan, dan pemetaan titik potensi rawan pilkada di Sumbar.

Hal yang sama dilakukan tim setiap pemilukada di sejumlah daerah sehingga bisa dilakukan kajian faktor-faktor pemicu kerawanan.

Sebanyak 14 daerah di Sumbar melangsungkan pemilukada pada 30 Juni 2010, meliputi Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Sijunjung, Dharmasraya. Selanjutnya, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, dan dua pemilihan pasangan wali kota-wakil wali kota, yakni Kota Solok dan Bukittinggi, plus pemilihan gubernur-wakil gubernur.

Warga Sumbar yang disahkan masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pilkada tercatat 3.319.459 orang, terdiri atas 1.627.724 laki-laki dan 1.691.735 perempuan tersebar pada 10.956 TPS di 19 kabupaten/kota.(Ant/BEY)

There's a lot to understand about news. We were able to provide you with some of the facts above, but there is still plenty more to write about in subsequent articles.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar