200 Legislator Dukung Hak Angket Century

The following article includes pertinent information that may cause you to reconsider what you thought you understood. The most important thing is to study with an open mind and be willing to revise your understanding if necessary.
VIVAnews - Sidang Paripurna DPR hari ini secara resmi membacakan usul hak angket pengusutan kasus Bank Century. Meski sidang sempat diwarnai ketegangan akibat adu mulut terkait angket tersebut, namun di luar sidang, dukungan bagi angket Century kian meningkat tajam.

Bambang Soesatyo, inisiator angket dari Fraksi Golkar, kemarin sempat menargetkan angka dukungan bagi angket Century akan mencapai 200 tanda tangan dalam dua hari. Namun di luar perkiraan, belum sampai dua hari, dukungan terhadap angket telah menembus angka 200. Hingga siang ini, sum tanda tangan yang telah terkumpul berjumlah 201 dukungan.

Pada saat usul angket diserahkan kepada pimpinan DPR, tanda tangan yang tercantum di berkas pengajuan angket hanya sejumlah 139 orang. Dukungan yang melonjak drastis hari ini tak pelak karena sebagian besar anggota DPR datang ke Gedung DPR guna menghadiri Rapat Paripurna. Banyak di antara mereka yang secara spontan membubuhkan tanda tangan dukungan tepat di luar ruang sidang, di sela-sela berlangsungnya Rapat Paripurna.

"Hari ini sum telah terkumpul 201 tanda tangan, sudah tembus angka 200," ujar Maruarar Sirait, inisiator angket dari Fraksi PDIP, dalam konferensi pers seputar perkembangan angket yang digelar seusai paripurna, Selasa 17 November 2009.

You may not consider everything you just read to be crucial information about news. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Sejauh ini, anggota DPR terakhir yang memberikan tanda tangan dukungannya ialah Lili Wahid dari Fraksi PKB. Lili Wahid sendiri ialah adik dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mantan Presiden RI keempat.

Tanda tangan dukungan angket didominasi oleh Fraksi PDIP. Fraksi terbesar ketiga di parlemen tersebut menjadi motor penggerak angket dan memberikan dukungan total. Seluruh anggota fraksinya yang berjumlah 93 orang turut menandatangani usul angket Century.

Dukungan penuh juga diberikan oleh Fraksi Gerindra dan Fraksi Hanura. Fraksi Gerindra yang semula hanya memberikan 8 tanda tangan, hari ini ke-26 anggotanya telah meneken usul angket. Total ke-17 anggota Fraksi Hanura pun sejak awal telah meneken angket. PDIP, Gerindra, dan Hanura, merupakan tiga fraksi di parlemen yang berada di luar pemerintahan.

Namun, bukan berarti dukungan angket mengendor dari fraksi-fraksi yang tergabung dalam koalisi pemerintahan. Dukungan angket dari Fraksi Golkar hari ini meningkat tajam menjadi sum 48 tanda tangan. Fraksi PPP yang semula hanya mencantumkan 1 tanda tangan pun kini berlipat ganda menjadi 15 dukungan. Fraksi PKS juga tercatat memberikan 15 tanda tangan. Sementara itu, Fraksi PAN dan Fraksi PKB masing-masing memberikan 4 dan 2 dukungan anggotanya. Sampai saat ini, hanya Fraksi Demokrat yang tetap bersikukuh untuk tidak mendukung angket Century.

"Sikap Fraksi Demokrat jelas. Kami menunggu audit investigatif BPK untuk menghormati kerja BPK yang tidak main-main. Kalau sikap fraksi sudah begitu, seluruh anggota pasti akan mengikuti," kata Ketua Fraksi Demokrat, Anas Urbaningrum, usai Sidang Paripurna DPR.

¢ VIVAnews

Now you can be a confident expert on news. OK, maybe not an expert. But you should have something to bring to the table next time you join a discussion on news.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar